WeCreativez WhatsApp Support
Assalamu\'alaikum wr wb. Tim kami akan menjawab pertanyaan anda. Terimakasih
Ada yang Bisa Kami Bantu?
Selasa , April 7 2020
Home / Edukasi / Dari 3 Tingkatan Hafidz Quran, Anda Termasuk yang Mana?

Dari 3 Tingkatan Hafidz Quran, Anda Termasuk yang Mana?

Penghafal Quran (hafidz), terutama yang dibimbing oleh Sufara Al-Quran berada dalam tingkat hafalan yang beragam. Setidaknya ada tiga tingkatan hafidz Quran dengan kemampuan yang berbeda, yaitu hafidz ziyadah, mutqin, dan bersanad.

 

Sufaraquran.com – Hafal Quran hingga sempurna memerlukan waktu dan proses. Seiring dengan hal tersebut, penghafal Quran juga berada dalam tingkat hafalan yang berbeda.

Dalam bimbingan Sufara Al-Quran, setidaknya terdapat tiga tingkatan hafidz sesuai dengan kemampuan hafalannya. Kemampuan yang dimaksud bukan sekedar jumlah hafalan tapi juga kualitas bacaan, kekuatan hafalan, pemahaman ayat, dan lain sebagainya.

Namun, tidak menutup kemungkinan, tingkatan-tingkatan ini menjadi istilah yang juga digunakan oleh para pencinta Quran lain. Tiga tingkatan hafidz Quran tersebut adalah:

 

  1. Hafidz Ziyadah

Dalam tingkatan ini, seseorang sudah hafal ayat-ayat Quran namun belum sempurna. Hafalannya pun belum bisa dikatakan kuat dan masih rawan terjadi kesalahan. Hafidz ziyadah ini adalah penghafal Quran tingkatan pemula.

3 Tingkatan Hafidz Quran - program tahfidz Quran 3 - www.sufaraquran.com - Sufara Quran
Anak-anak penghafal Quran tingkat pemula. (Dok. Sufara Al-Quran)

 

 

  1. Hafidz Mutqin

Mutqin adalah tingkatan menengah dalam hafal Quran. Seorang hafidz mutqin memiliki hafalan yang lebih kuat dan bisa dikatakan lebih lancar dari hafidz ziyadah.

 

Untuk mendapat predikat mutqin, seorang hafidz harus melewati ujian kemudian mendapat lisensi dari seorang guru/pembimbing tahfidz. Dalam pelatihan tahfidz Sufara Al-Quran, seorang hafidz mutqin mendapat lisensi setelah dikatakan lolos ujian oleh para hafidz yang tingkat hafalannya lebih tinggi.

Baca juga: Ingin Punya Anak Hafidz Quran? Yuk Belajar dari Keluarga Gaza Ini

 

  1. Hafidz Bersanad

Hafidz bersanad merupakan tingkatan paling tinggi dari tingkatan penghafal yang lain. Seorang yang dikatakan hafidz bersanad adalah mereka yang sudah mendapatkan lisensi khusus dari Syekh bersanad, yang silsilah periwayatan bacaan Qurannya bersambung hingga ke Rasulullah. Untuk mendapatkan lisesensi tersebut, seorang penghafal Quran harus melewati serangkaian tes yang ketat.

 

Hafidz tingkatan ini memiliki banyak keunggulan. Selain bacaan Qurannya yang dapat dipastikan kuat dan benar, hafidz bersanad juga diberi kewenangan untuk memberikan lisensi kepada kepada hafidz lain.

 

Itulah tiga tingkatan hafidz yang dibimbing oleh Sufara Al-Quran. Jadi, di tingkatan mana Anda saat ini? Lebih penting dari itu, sudahkah berusaha untuk menghafal Quran dan meningkatkan kualitasnya?

3 Tingkatan Hafidz Quran - program tahfidz Quran 2 - www.sufaraquran.com - Sufara Quran
Pemberian sertifikat kepada peserta program tahfidz Quran Sufara Al-Quran di Garut. (Dok. Sufara Al-Quran)

Sufara Al-Quran akan membantu Anda untuk menghafal mampu menghafal Quran baik itu untuk pemula maupun para hafidz tingkat lanjutan yang ingin mencapai tingkatan mutqin dan sanad.

Metode yang digunakan Sufara Al-Quran adalah metode tahfidz ala Gaza yang diadaptasi dari teknik menghafal Quran orang-orang Gaza, Palestina. Saat ini, Gaza dikenal sebagai gudang hafidz dunia yang mampu melahirkan ribuan hafidz Quran baru setiap tahunnya.

 

Yuk, ikuti pelatihan tahfidz Sufara Al-Quran dengan bimbingan langsung dari Syekh Palestina dengan mengunjungi tautan berikut:

https://sufaraquran.com/daurahtahfidz/

 

Atau dengan menghubungi narahubung kami di:

0853 1723 2428/ 0813 5800 5700

 

(history/sufaraalquran)

 

About adminSQ

Check Also

5 Keuntungan Belajar Quran bersama Syekh Palestina di Rumah Anda

  Sebuah terobosan baru dari Sufara Al-Quran, Syekh Palestina bisa diundang ke rumah Anda untuk …