WeCreativez WhatsApp Support
Assalamu\'alaikum wr wb. Tim kami akan menjawab pertanyaan anda. Terimakasih
Ada yang Bisa Kami Bantu?
Kamis , Agustus 13 2020
Home / Artikel / Beasiwa Tahfidz Quran Bantu Wujudkan Cita-cita Fatma

Beasiwa Tahfidz Quran Bantu Wujudkan Cita-cita Fatma

Cita-cita Fatma untuk menjadi penghafal Quran Insya Allah akan segera terwujud dengan adanya program beasiswa tahfidz di Istana Sufara Quran, Asahan.

 

Sufaraquran.com –  Keinginan Fatma Sukasih (19), remaja asal Pulau Rakyat, Asahan untuk menjadi seorang hafizhah sempat dikubur dalam-dalam. Menurutnya, sulit mendapatkan tempat/lembaga yang pas untuk menghafal. Apalagi dengan biaya pembinaan yang biasanya tidak murah.

“Sempat kesulitan mencari informasi rumah tahfidz yang cocok. Sempat dibantu keluarga juga untuk mencari tapi tetap tidak ada” ujar Fatma.

Beasiswa Tahfidz Quran Bantu Wujudkan Cita-cita Fatma 2
Kegiatan pengajaran tahsin di rumah tahfidz Istana Sufara Quran (ISQ). (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Namun Alhamdulillah, Fatma berkesempatan menghafal di Istana Sufara Quran (ISQ) melalui jalur program beasiswa tahfidz Quran. Hal tersebut membuat Fatma kembali bersemangat melanjutkan cita-citanya itu.

“Sebenarnya sempat putus harapan. Mana lagi ni rumah tahfidz yang bisa didatangi. Alhamdulillah di sini (ISQ) ternyata diterima”

 

Baca juga: Banyak Tips Bisa Dilakukan Untuk Menghafal Al-Quran, Ini Di Antaranya

 

Program beasiswa tersebut merupakan wujud dari kerjasama yang dijalin antara Sufara Al-Quran dengan lembaga peduli tahfidz dari Bandung, Harapan Amal Mulia. Kerjasama tersebut membuat Fatma dan sejumlah santri lainnya bisa mendapat pembinaan tahfidz secara gratis.

 

Setelah Menjadi Penghafal Quran….

Bukan sekedar keinginan. Dengan menjadi seorang penghafal Quran dan memahami metode menghafal yang baik, Fatma berharap bisa mendirikan rumah tahfidz di daerahnya. Itulah mengapa, Fatma juga sering berlatih mengajar dengan membantu adik-adik kelasnya di ISQ untuk menghafal Quran.

Beasiswa Tahfidz Bantu Wujudkan Cita-cita Fatma
Kegiatan muroja’ah (Mengulang hafalan) santri-santri Istana Sufara Quran (ISQ). (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Selama mendapat pembinaan di ISQ, Fatma sudah berhasil hafal lima juz Al-Quran. Dengan semangat Fatma yang terlihat unggul dari santri lain, Insya Allah ia akan mampu terus menambah hafalannya.

 

Seputar Program Beasiswa Tahfidz Quran di ISQ

Istana Sufara Quran (ISQ) adalah rumah tahfidz binaan Sufara Al-Quran yang terletak di Jln. Lumba-Lumba Lk.1, Bunut Barat, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Saat ini terdapat sekitar lima puluh santri yang dibina di ISQ yang terbagi menjadi dua katogori yaitu santri mukim dan non mukim. Khusus program mukim, tidak ada biaya operasional yang dibebankan kepada santri sehingga mereka bisa menghafal dengan lebih khusyuk di asrama.

Beasiswa Tahfidz Quran Bantu Wujudkan Cita-cita Fatma 4
Santri penghafal Quran program non mukim ISQ. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Sedangkan untuk metode pembinaan, ISQ menggunakan metode tahfidz ala Gaza yang selama ini diterapkan di cabang-cabang rumah tahfidz Sufara Al-Quran.

Selain teknik menghafal, metode tahfidz ala Gaza Sufara Al-Quran juga dilengkapi dengan manajemen pengelolaan halaqah dan pembinaan pengajar.

Bantu doa dan dukungan Sahabat, semoga Fatma dan santri Istana Sufara Quran lainnya bisa menjadi generasi rabani penghafal Quran. (history/sufaraalquran)

About adminSQ

Check Also

5 Keuntungan Belajar Quran bersama Syekh Palestina di Rumah Anda

  Sebuah terobosan baru dari Sufara Al-Quran, Syekh Palestina bisa diundang ke rumah Anda untuk …