WeCreativez WhatsApp Support
Assalamu\'alaikum wr wb. Tim kami akan menjawab pertanyaan anda. Terimakasih
Ada yang Bisa Kami Bantu?
Senin , Oktober 26 2020
Home / Edukasi / Metode Belajar Quran dari Masa ke Masa

Metode Belajar Quran dari Masa ke Masa

 

Ilustrasi belajar Al-Quran. (Sumber: Artikula)

Setidaknya terdapat empat metode belajar Quran yang terus berkembang dari masa ke masa.

 

Sufaraquran.com – Al-Quran adalah kitab suci sekaligus sumber kehidupan bagi orang Muslim. Itulah sebabnya, belajar membaca dan memahami Al-Quran adalah sebuah keharusan.

Sejak zaman Nabi hingga sekarang, banyak cara yang ditempuh untuk belajar Al-Quran dengan efektif. Kami telah merangkum setidaknya terdapat empat cara belajar Quran yang terus berkembang dari masa Nabi Saw., para Sahabat, hingga kita saat ini.

 

Cara Malaikat Jibril Ajarkan Al-Quran pada Nabi Saw.

Nabi Muhammad Saw. adalah manusia yang pertama kali diajarkan Al-Quran. Beliau diajari langsung oleh malaikat Jibril dengan metode talaqqi (tatap muka), sebagaimana yang disampaikan dalam Hadis:

Rasulullah Saw adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril As menemuinya, dan adalah Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadhan, di mana Jibril mengajarkannya Al-Quran. Sungguh Rasulullah Saw orang yang paling lembut daripada angin yang berhembus” (HR. Bukhari)

Malaikat Jibril membacakan ayat sedangkan Nabi Saw. menyimak. Setelah itu, Nabi mengulang bacaan sedangkan malaikat Jibril menyimak.

 

Baca juga: Bagaimana Alquran Dikumpulkan Menjadi Sebuah Mushaf?

 

Cara Sahabat Belajar Quran kepada Rasulullah

Setelah mendapatkan wahyu dari Jibril berupa ayat Al-Quran, Nabi Saw. akan langsung menyampaikannya kepada para Sahabat.

“Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sejak saat itu bila Jibril ‘Alaihis Salam datang kepadanya, Beliau mendengarkannya. Dan bila Jibril ‘Alaihis Salam sudah pergi, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membacakannya (kepada para sahabat) sebagaimana Jibril ‘Alaihis Salam membacakannya kepada Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam.”

 

Cara Belajar Quran Populer (Konvensional)

Cara belajar Quran setelah masa Sahabat banyak mengalami modifikasi dan perkembangan. Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat dua metode belajar Quran untuk pemula; metode qira’ati dan iqra’.

Prinsip pembelajaran metode qira’ati yang disusun oleh KH. Ahmad Dahlan menekankan pada penguasaan makharijul huruf, tajwid, serta cara membaca Al-Quran dengan tartil. Sedangkan metode iqra’ dari KH. As’ad Humam menyajikan metode dan teori yang lengkap dari dasar hingga mencapai standar.

 

Cara Belajar Quran di Era Digital

Ilustrasi belajar Quran online. (Sumber: Mediatechnesia)

Ada juga cara belajar online yang digunakan pada era digital. Perkembangan teknologi memang membawa kita pada berbagai kemudahan, termasuk untuk belajar Quran. Selama tersambung dengan internet, kita bisa belajar kapan dan di mana pun melalui situs berbagi video seperti Youtube.

Terinspirasi dari hal tersebut, Sufara Al-Quran sebagai lembaga edukasi Al-Quran di Indonesia berinovasi untuk menghadirkan kemudahan belajar. Kami hadir dengan layanan belajar Quran online bersama Syekh Palestina melalui video konferensi. Dalam video tersebut, pelajar tidak hanya menyimak materi tapi juga bisa berkomunikasi langsung dengan Syekh selaku narasumber.

Maasya Allah. Hari ini belajar Quran bisa lebih mudah dan efektif dengan adanya fasilitas digital. Semoga dengan adanya kemudahan tersebut bisa menjadi suntikan semangat bagi kita untuk tetap belajar dan mendalami Al-Quran. (sufaraalquran)

Sumber: Radio Rodja, Al-Manhaj

 

Ingin belajar Quran online bersama Syekh Palestina?

Ikuti terus kabar dari kami dalam akun instagram @sufaraalquran atau facebook Sufara Al-Quran

 

Kw: Cara belajar Quran, metode belajar Quran, belajar Quran online

About adminSQ

Check Also

5 Keuntungan Belajar Quran bersama Syekh Palestina di Rumah Anda

  Sebuah terobosan baru dari Sufara Al-Quran, Syekh Palestina bisa diundang ke rumah Anda untuk …