WeCreativez WhatsApp Support
Assalamu\'alaikum wr wb. Tim kami akan menjawab pertanyaan anda. Terimakasih
Ada yang Bisa Kami Bantu?
Senin , Oktober 26 2020
Home / Artikel / Ustaz Anwar: Ada 3 Cara untuk Tingkatkan Interaksi dengan Al-Quran

Ustaz Anwar: Ada 3 Cara untuk Tingkatkan Interaksi dengan Al-Quran

Ustaz Anwar, Direktur Sufara Al-Quran dalam acara Sertifikasi Al-Fatihah di Grand Asrilia Hotel, Bandung (29/02/2020). (Dok. Sufara Al-Quran) 

Ustaz Anwar, Direktur Sufara Al-Quran berpesan bahwa setidaknya ada tiga cara yang bisa ditempuh untuk memperbaiki interaksi kita dengan Al-Quran.

 

Sufaraquran.com – Di tengah kewaspadaan penyebaran virus seperti saat ini, kedekatan dengan Al-Quran menjadi salah satu ikhtiar menggapai pertolongan Allah Swt. Apalagi, kurang dari sebulan Ramadhan sebagai bulan diturunkannya Al-Quran akan datang. Pahala berinteraksi dengan Al-Quran akan ditambah berkali lipat dari biasanya.

Itulah mengapa, kita dianjurkan untuk lebih sering berinteraksi dengan Al-Quran. Dalam hal ini, Ustaz Anwar sebagai Direktur Sufara Al-Quran membagikan ilmu tentang cara efektif untuk meningkatkan interaksi dengan Kalamullah tersebut.

Berikut tiga cara yang dimaksud:

  1. Perdalam Informasi
Memperkaya pengetahuan tentang keistimewaan Al-Quran, bisa menumbuhkan motivasi yang lebih kuat. Pengetahuan tersebut bisa didapatkan dari buku maupun majelis-majelis ilmu. 

Salah satu dalil yang bisa menjadi motivasi adalah Hadis dari Ibnu Abas berikut:

“Allah memberikan jaminan kepada siapa saja yang membaca Al-Quran dan mengamalkan ajaran yang terkandung di dalamnya, bahwa dia tidak akan tersesat di dunia dan tidak celaka di akhirat.”

 

  1. Perkuat Ideologi

 

Bukan sekedar pengetahuan atau bacaan biasa, Al-Quran harus menjadi ideologi yang tertanam di dalam jiwa. Jika kita berkaca pada orang-orang di Gaza, Palestina, Al-Quran bisa menjadi sumber kekuatan bagi mereka yang hidup di tengah peperangan.

Berbagai permasalahan hidup ditanggapi dari sudut pandang Al-Quran. Begitu juga dengan solusi permasalahan tersebut yang digali dengan mendalami isi kandungan Al-Quran.

 

Baca juga: Al-Qur’an dan Keutamaan Orang-orang di Gaza

 

  1. Perbaiki Kebiasaan

Ikhtiar terakhir yang tak kalah penting setelah memperdalam informasi dan memperkuat ideologi adalah memperbaiki kebiasaan. Informasi yang cukup dan ideologi yang mulai terbentuk dapat tercermin dari aktivitas yang dilakukan untuk berinteraksi dengan Al-Quran seperti tilawah, tahfidz, dan murajaah.

 

Interaksi dengan Al-Quran tersebut hendaknya terus dilakukan agar menjadi kebiasaan. Setidaknya terdapat tujuh tahapan yang harus diikhtiarkan agar berinteraksi dengan Al-Quran menjadi sebuah kebiasaaan:

  • Memaksakan Diri
  • Memaksakan Diri Lagi
  • Memaksa Diri Sekali Lagi
  • Menjadi Kebiasaan
  • Menjadi Kebutuhan
  • Menikmati Kebiasaan
  • Menjiwai kebiasaan

 

Itulah tiga cara yang Ustaz Anwar bagikan untuk Sahabat Sufara Al-Quran. Semoga kita menjadi orang-orang yang dikaruniai kecintaan yang besar terhadap Al-Quran dan selalu dinaungi rahmatnya. Aamiin. (history/sufaraalquran)

About adminSQ

Check Also

Sahabat, kenalan yuk sama Syifa! www.sufaraquran.com

Sahabat, kenalan yuk sama Syifa!

Sahabat, kenalan yuk sama Syifa! Allah selalu menggunakan diksi Syifa untuk menerangkan fungsi Al-Quran sebagai …