WeCreativez WhatsApp Support
Assalamu\'alaikum wr wb. Tim kami akan menjawab pertanyaan anda. Terimakasih
Ada yang Bisa Kami Bantu?
Senin , Oktober 26 2020
Home / Promosi / Belajar Quran Online Bersama Ahli Vs Sendiri

Belajar Quran Online Bersama Ahli Vs Sendiri

Ilustrasi belajar Quran online. (Sumber: Mushaf Academy)

Belajar Quran online merupakan sebuah kemudahan. Pada pelaksanaannya, metode tersebut perlu disempurnakan dengan bimbingan guru agar tidak keliru.

Sufaraquran.com –  Belajar Al-Quran merupakan sebuah kewajiban sekaligus kebutuhan bagi umat Islam. Dalam perkembangannya, belajar Quran mempunyai banyak metode. Mulai dari metode konvensional hingga modern.

Saat ini, belajar Quran online melalui media elektronik dan internet menjadi fenomena baru yang diakui memberikan banyak kemudahan. Tapi bagaimana Islam memandang fenomena tersebut?

Hukum Belajar Quran Sendiri

Ilustrasi belajar Quran tanpa guru. (Sumber: Muslim Village)

Belajar Quran online dilakukan tanpa adanya bimbingan guru atau seorang ahli. Sedangkan Al-Quran diturunkan menggunakan bahasa Arab. Orang yang belum akrab dengan bahasa tersebut jadi kesulitan untuk membaca dan memahaminya. Allah Swt. berfirman:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا (36

“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan dimintai pertanggung jawabannya,” (Q.S Al-Isra :36).

Baca juga: Begini Cara Terapkan KBM Tahfidz Online

 

Jika mempelajari ilmu duniawi saja dianjurkan untuk merujuk pada ahlinya, apalagi dengan Al-Quran. Sebagian ulama bahkan mewajibkan kita untuk belajar Quran pada guru yang jelas silsilah sanadnya (sandaran keilmuannya sampai ke Nabi Saw.)

“Sanad merupakan bagian dari Agama, jika tanpa sanad maka orang akan berkata dengan sesukannya”(Abdullah bin Mubarak)

Belajar Quran sendiri tanpa bimbingan guru sangat berisiko. Dalam metode belajar online, bisa saja guru memberikan arahan melalui media video atau lainnya. Namun jika merasa kebingungan, murid tidak bisa langsung bertanya. Selain itu, guru juga tidak bisa mendeteksi jika ada kekeliruan dalam pemahaman, praktik membaca Quran dan lain sebagainya.


Fasilitas Belajar Quran Online dengan Bimbingan Ahli

Untuk menyempurnakan metode belajar online, Sufara Al-Quran sebagai duta edukasi Quran di Indonesia menyusun program daurah (pelatihan) yang terstandarisasi. Meski dilakukan jarak jauh, murid bisa mendapat arahan maksimal dari para ahli yaitu Syekh hafidz Quran bersanad dari Palestina.

Komunikasi dua arah bisa diajalankan dengan mudah melalui video konferensi. Murid bisa bertanya kepada Syekh, begitu juga sebaliknya. Yang lebih menarik, peserta juga bisa melakukan tasmi’ (Memperdengarkan bacaan) Quran kepada Syekh agar selanjutnya bisa dikoreksi. (history/sufaraalquran)

Sumber: Tebuireng Online, Draligoomaa

 

Yuk pantau terus akun resmi Sufara Al-Quran untuk mengetahui informasi daurah online bersama Syekh Palestina!

Instagram: @sufaraalquran

Facebook: Sufara Al-Quran

 

 

KW: Belajar Quran Online, Hukum belajar Quran sendiri

 

Caption Facebook:

Sahabat pasti pernah; belajar tahsin Quran dari situs video online atau sekedar mencari tahu cara melafalkan huruf hijaiyyah yang benar.

Belajar Quran online merupakan sebuah kemudahan. Namun pada pelaksanaannya, kita pasti memerlukan kehadiran guru agar tidak keliru dalam memahami atau mempraktikkan bacaan Quran.

 

Lalu bagaimana Islam memandang fenomena belajar Quran online ini? Simal ulasannya dalam tautan berikut:

 

 

Caption Instagram:

Saat ini, belajar Quran online melalui media elektronik dan internet menjadi fenomena baru yang memberikan banyak kemudahan. Tapi bagaimana Islam memandang fenomena tersebut?

Allah Swt. berfirman,“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan dimintai pertanggung jawabannya,” (Q.S Al-Isra :36).

Belajar Quran online yang dilakukan tanpa bimbingan guru atau seorang ahli sangat berisiko. Karena tidak ada komunikasi dua arah, murid bisa saja keliru dalam memahami atau mempraktikkan bacaan.

Itulah yang menjadi motivasi Sufara Al-Quran menghadirkan program daurah (pelatihan) online yang terstandarisasi. Meski dilakukan jarak jauh, murid bisa mendapat bimbingan maksimal dari para ahli yaitu Syekh hafidz Quran bersanad dari Palestina.

Komunikasi bisa diajalankan dengan mudah melalui video konferensi. Murid bisa bertanya kepada Syekh, begitu juga sebaliknya.

Cari tahu tentang mengenai belajar Quran online dan informasi program Sufara Al-Quran dalam laman kami ya:

 

www.sufaraquran.com

About adminSQ

Check Also

Tengok Para Narasumber Keren Program Sertifikasi Al-Fatihah www.sufaraquran.com - Sufara Quran

Tengok Para Narasumber Keren Program Sertifikasi Al-Fatihah

H-1 Sertfikasi Al-Fatihah di Bandung! Yakinkan Diri Anda untuk bergabung! Sertifikasi Al-Fatihah yang akan dilaksanakan …