WeCreativez WhatsApp Support
Assalamu\'alaikum wr wb. Tim kami akan menjawab pertanyaan anda. Terimakasih
Ada yang Bisa Kami Bantu?
Sabtu , November 28 2020
Home / Program Dauroh Sufara Alquran

Program Dauroh Sufara Alquran

Kenapa Harus Dauroh Quran Ala Gaza dan di Sufara Alquran?

  • Dauroh Quran Ala Gaza di bimbing langsung oleh para Syekh Palestina, Hafidz Alquran bersanad dari Gaza, Palestina.
  • Selama proses Dauroh Quran Ala Gaza, didampingi oleh muwajji/penerjemah berpengalaman.
  • Dauroh Quran Ala Gaza terbukti program yang sukses. Dalam setahun (November 2017 sd Juli 2018) sudah hadir di 28 kota dan kabupaten di 8 provinsi di Indonesia dengan di hadiri 18 ribu lebih peserta.
  • Sufara Alquran menjadi lembaga pertama dan satu-satunya yang menerapkan metode menghafal Alquran ala Gaza di Indonesia.
  • Dauroh Quran Ala Gaza yang diajarkan kepada masyarakat tidak dipungut biaya khusus. Peserta hanya memberi sedekah seikhlasnya.
  • Setiap sedekah yang masuk melalui Dauroh Quran Ala Gaza, akan di donasikan untuk para penghafal Alquran di Gaza, Palestina.

 

Dauroh Quran Ala Gaza adalah salah satu kegiatan edukasi Yayasan Sufara Alquran, dalam bidang pelatihan (Dauroh) Alquran dengan menggunakan metode yang di terapkan penghafal Alquran di Gaza, Palestina. Metode Dauroh Alquran Ala Gaza  diadobsi dari teknik menghafal Alquran oleh para Huffazh dari bumi perjuangan,Gaza, Palestina.

Ada dua program utama Sufara Alquran, dengan setiap programnya memiliki beberapa pelatihan khusus.

Pertama: Program Dauroh Qur’an Ala Gaza

Program Dauroh Qur’an Ala Gaza merupakan Program Dauroh Alquran untuk pemula yang ingin dapat membaca alquran dengan cepat dan tepat.

1. Dauroh Baca ABI: Aku Bisa Ngaji

Program Dauroh Baca ABI: Aku Bisa Ngaji dikhusukan untuk peserta pemula yang sama sekali belum mengenal huruf Alquran, atau belum mampu membaca Alquran. Tahap ini mempunyai tiga tingkatan, yaitu:

  • Mengenal Huruf
  • Mengenal Kata
  • Lancar Membaca

2. Dauroh Tahsin

Daroh Quran ala Gaza - Sufara Alquran

Program Dauroh Tahsin merupakan lanjutan dari Dauroh Baca (ABI). Peserta yang telah mampu untuk membaca Alquran, dilatih untuk menyempurnakan pelafalan ayat-ayat Alquran sesuai dengan kaidah yang benar. Materi yang dibahas meliputi:

  • Makhroj dan Sifat Huruf
  • Kaidah Gunnah dan Mad
  • Kaidah Ayat Gharibah

Kedua: Dauroh Tahfiz Ala Gaza

Program Dauroh Tahfizh (menghafal Alquran) ini telah dikembangkan oleh lembaga Darul Quran wa Sunnah di Gaza, dan telah sukses melahirkan ribuan penghafal Alquran setiap tahunnya. Seperti halnya dauroh-dauroh sebelumnya, dauroh Tahfizh ini juga memiliki beberapa tingkatan,yaitu:

1. Dauroh Ta’rif

Dauroh Ta’rif (Pengenalan) merupakan tahap permulaan dalam Dauroh Tahfiz Ala Gaza. Pada tahap ini, peserta akan dikenalkan dengan keistimewaan para Hafizh Gaza dengan metode menghafalnya yang tepat, cepat, dan kuat.

Dauroh Ta’rif menjadi pembeda karena merupakan penanaman motivasi, semangat, dan keoptimisan dalam diri peserta, seperti halnya masyarakat Gaza yang gigih memuliakan Alquran di tengah perjuangannya membela negeri para Anbiya.

Dauroh Ta’rifi menjadi pondasi yang dibangun dengan kuat dan kokoh, agar memudahkan jalan peserta untuk tetap semangat dan konsisten menghadapi proses-proses selanjutnya.

2. Dauroh Takmili

Tahapan yang merupakan lanjutan dari Dauroh Ta’rif ini membahas tentang pendalaman dan penguasaan teknik menghafal ala Gaza.
Peserta juga akan dibuat takjub dengan simulasi menghafal Alquran yang dibimbing langsung oleh Syekh dari Palestina, dan Muwajjih (Pelatih) terpercaya Sufara Alquran yang sebelumnya telah mendapatkan Talaqqi Maddah (dauroh langsung) dari Syekh Huffazh Palestina.

3. Dauroh Takhossus (Khusus)

Penguasaan teknik ala Gaza secara keseluruhan didapatkan dalam Dauroh Takhosus. Peserta akan mampu menguasai materi dan teknik menghafal ala Gaza secara menyeluruh.

Berbagai kendala menghafal yang dialami peserta juga akan dibahas dan diberikan solusi termakbul dari para Muwajjih yang telah berpengalaman menangani hal serupa.
Buku mutaba’ah yaumiyah menjadi sistem evaluasi yang wajib diisi oleh peserta dan akan dipantau oleh para Muwajjih.

4. Dauroh Muwajjih

Dauroh Muwajjih merupakan dauroh tahap akhir yang dikhususkan untuk para calon pelatih/pengajar Alquran.

Peserta dauroh ini juga akan dibekali berbagai ilmu managemen dan pengembangan dauroh, serta pengarahan pembukaan lembaga Dauroh di berbagai wilayah Indonesia.
Mari jadikan masyarakat negeri ini sebagai generasi rabbani dan berakhlak qurani.

Narasumber dan Muwajjih Sufara Alquran

Syekh Palestina hafiz quran

Narasumber Dauroh Quran dan Dauroh Tahfiz Ala Gaza merupakan Syekh Palestina, Hafiz Alquran bersanad. Juga merupakan imam masjid Gaza, yang merupakan masjid terbesar ke dua di Palestina setelah Masjid Al-Aqsha.

Muwajih Sufara Alquran

Muwajjih/Penerjemah yang mendampingi pemateri Dauroh Quran dan Dauroh Tahfiz Ala Gaza juga merupakan Hafiz Alquran.